PRESERVE OUR CORALS Program Transplantasi Karang- WELCOME TO CORALS TRANSPLANTATION SITE "Lestarikan Terumbu Karang - SUPPORT OUR CORALS " BAHARU MINDA BAHARI

Rabu, 27 Agustus 2008

Dwi Lomba Juang Pulau Abang-Air Saga

Pengembangan Usaha Jasa Wisata
Pulau Abang, 25 Agustus 2008
Sempena HUT Republik Indonesia ke 63 dan promosi wisata Kelurahan Pulau Abang, Karang Taruna Pulau Abang mengadakan Dwi Lomba Juang. Dwi Lomba Juang merupakan paduan antara lari dan renang untuk memperebutkan bendera merah putih di salah satu pulau di sekitar Pulau Abang.
Ledi, ketua panitia lomba menyatakan bahwa peserta diharuskan lari dari Kampung Air Saga menuju ke kampung Pulau Abang dengan jarak sekitar 3 Km kemudian dilanjutkan dengan renang melintasi selat Pulau Abang dan Pulau Hantu menuju ke Pulau Hantu dengan jarak sekitar 1 Km. Kegiatan ini harapannya menjadi even rutin untuk mendukung Visit Batam 2010.
Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam HUT RI 63. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan di Pulau Abang. Karang taruna terdiri atas banyak komponen pemuda yang terdiri atas kelompok penanam karang, unit usaha jasa wisata serta pemuda Pulau Abang. Mereka meleburkan diri untuk mensukseskan kegiatan ini.
Alhamdulillah, kegiatan usai dilaksanakan walau dengan kondisi peralihan musim dimana hujan menjadi penghalang. Salah satu syarat lomba terpaksa dibatalkan karena medan lari jalan setapak yang menghubungkan antara Pulau ABang dan Air Saga licin dan membahayakan. Panitia akhirnya berinisiatif membatalkan salah satu agenda lomba. Akhirnya kegiatan yang digelar hanya renang dari Pulau Abang ke Pulau Hantu. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 30 orang yaitu dari Pulau Abang dan Air Saga. Peserta terbanyak diikuti oleh Pulau Abang. Sayangnya tetangga satu kelurahan Pulau Abang, yaitu Pulau Petong tidak mengirimkan pesertanya.
Sayangnya peserta dari Dinas Pariwisata, KP2, Penyuluh, fasilitator CBM Coremap II dan kecamatan Galang tidak mengirimkan pesertanya walaupun undangan telah disampaikan. Beberapa media lokal telah pula diinformasi tentang kegiatan ini, namun juga tidak kelihatan. Maklumlah karena panitia memang tidak menyediakan transportasi, konsumsi dan uang jalan. Akhirnya jadilah kegiatan ini menjadi pesta rakyat di Kelurahan Pulau Abang. Walaupun begitu ini tidak mengurangi semangat masyarakat dalam menyelenggarakan kegiatan ini.
Riuh rendah penonton menyemangati para peserta. Orang tua sampai anak-anak, Kaum lelaki dan perempuan.
Ada peserta karena begitu bersemangat harus menyerah dengan mengangkat tangan. Ada juga peserta yang salah arah. Waktu terbaik menempuh jarak ini yaitu 35 menit, yang dicapai oleh Senen peserta dari Air Saga, diikuti oleh Adam Pulau Abang, yang mengejutkan La Topi dengan usia mendekati 70 tahun berhasil menempati urutan III mengalahkan para peserta pemuda.
Ini tentu menunjukkan sebuah perjuangan, betapa merah putih yang diperebutkan telah membakar semangat La Topi untuk turun serta bersama pemuda. Usia memang tua tetapi tidak dengan semangat yang tetap terus muda.
Bahkan banyak perserta menyerah setelah bendera berhasil diraih oleh sang juara peserta. Mereka satu persatu naik ke atas pompong/ perahu yang telah disediakan panitia.
Panitia mengerahkan 5 unit pompong, 10 unit perahu serta 2 boat dari Pokmaswas dan Angkatan Laut untuk mengawasi dan mengamankan lomba ini.
Panitia menyediakan hadiah dengan total nilai 2,5 juta. Namun, bukan hadiah ini sepertinya yang menjadi daya tarik namun tantangan lomba ini yang menyeberangi laut untuk menuju Pulau.
Dwi lomba juang ini merupakan sarana bagi para pemuda Pulau Abang untuk menyelenggarakan even wisata. Kegiatan ini disponsori oleh Laksana Samudera juga atas kerja keras Karang Taruna Pulau Abang yang juga didukung oleh Lurah Pulau Abang Hamdayani, SPi dan Ketua LPSTK Pulau Abang Hamdayani, LIPI, CRITC Coremap, dll.
Masyarakat berharap kegiatan ini terus diadakan. Tim transplantasi Karang mengucapkan selamat bagi Karang Taruna Pulau Abang yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan ini.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Wau hebat juga ni blog informasinya uptodate trus ya.... dan programnya juga good lah....sukses untuk programnya ya....maju trus pantang mundur....merdeka karangreefs.blogspot.com

Transplantasi Karang mengatakan...

dear,

maap kita belum begitu up to date.. masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi
terima kasih insyaallah pantang mundur " sekali layar terkembang pantang surut ke belakang "
Mohon dukungannya mas n goodluck too
sekali2 maenlah ke pulau abang

hormat kami

andre