PRESERVE OUR CORALS Program Transplantasi Karang- WELCOME TO CORALS TRANSPLANTATION SITE "Lestarikan Terumbu Karang - SUPPORT OUR CORALS " BAHARU MINDA BAHARI

Kamis, 15 November 2007

Sosialisasi Program

Pulau Abang, Oktober 2007

Sosialisasi Program -

Sosialisasi di dua lokasi Kelurahan Pulau Abang yaitu RW Air Saga dan RW Pulau Abang.

Tim juga melakukan sosialisasi ke program CBM Coremap II Kota Batam yang memiliki tema yang sama yaitu tentang upaya penyelamatan terumbu karang. Tim berinteraksi dan berdiskusi dengan manajemen dan tenaga lapangan dari beberapa lokasi binaan Coremap II, antara lain Kecamatan Galang, Galang Baru dan Karas. Ini dalam upaya menggali lokasi yang tepat untuk program transplantasi karang. Masukan-masukan tim CBM amat berharga bagi perencanaan tim karena merupakan informasi yang benar dan tepat. Tim juga meminta pengelolaan sarana dan prasarana program dalam satu kantor. Kedua program baik CBM Coremap II maupun Transplantasi Karang merupakan program di bawah pengelolaan Yayasan Laksana Samudera.
Program transplantasi karang memulai kegiatan sosialisasi ke masyarakat di dua lokasi Kelurahan Pulau Abang yaitu RW Air Saga dan RW Pulau Abang. Sosialisasi dilakukan ke RW/ RT, LPSTK (Lembaga Pengelola Sumberdaya Terumbu Karang), tokoh masyarakat serta masyarakat Pulau Abang dan Air Saga. Tokoh masyarakat menyambut baik rencana diadakannya program transplantasi karang ini di kampung mereka.
Pada awalnya, masyarakat melalui beberapa orang perwakilan bertanya soal keseriusan program transplantasi karang. Mereka juga belum mengerti tentang program transplantasi karang. Bagi mereka budidaya karang merupakan hal baru bagi mereka. Sebagian ada yang berpendapat bahwa hal tersebut tidak dapat dilakukan karena karang itu batu. Sebagian juga mengatakan bahwa transplantasi karang mungkin dilakukan karena karang seperti tanaman. Sebagian masyarakat ada yang telah mengerti tentang transplantasi karang karena pada tahun 2006 telah diadakan kegiatan penanaman karang.
Beragamnya pemahaman tentang karang ini diakibatkan tidak meratanya sosialisasi dan proses pengalihan pengetahuan antar masyarakat dan kurangnya sosialisasi dari pihak terkait. Masyarakat juga bertanya tentang perlunya dilakukan penanaman karang untuk memperbaiki lokasi-lokasi yang telah rusak. Menurut mereka karang dapat baik dengan sendirinya. Selain itu, ada beberapa lokasi yang menurut mereka hancur karena hempasan gelombang. Program ini bagi mereka sesuatu yang tak pasti. Melalui pertemuan-pertemuan informal dan pengunaan buku-buku peraga akhirnya program mulai dimengerti oleh masyarakat. Selain itu, tim juga menjelaskan tentang keberhasilan beberapa lokasi di Indonesia dalam mengembangkan budidaya karang dan ikan hias. Program transplantasi karang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan informasi tersebut.
Selain itu, kegiatan sosialisasi dilakukan dengan membaur dan ikut pada berbagai kegiatan masyarakat seperti memancing ikan, menanam rumpong, membuat bubu dan memasang kelong. Sosialisasi merupakan upaya terus menerus dalam membangun hubungan erat antara masyarakat dengan tim program, menjadi bagian dari masyarakat tersebut.



Galang- November 2007

Program transplantasi karang memulai kegiatan sosialisasi ke pemerintahan yaitu Kecamatan Galang dan Kelurahan Pulau Abang. Tim berhasil menjumpai Z.Effendi sekretaris Camat dan memberitahukan rencana program Transplantasi Karang yang akan diadakan di daerahnya serta meminta dukungan moril bagi pelaksanaan program ini di lokasi. Selain sekcam tim juga berhasil menjumpai Zulkifli, Lurah Pulau Abang, dalam tatap muka dengan Lurah Pulau Abang menyatakan mendukung kegiatan ini dan berharap adanya keterlibatan warga di daerahnya secara aktif pada program ini. Menurut Lurah Pulau Abang selama dia menjabat di Kelurahan Pulau Abang banyak lembaga atau instansi yang tidak melapor keberadaan mereka sehingga apabila terjadi sesuatu hal dia tidak mau bertanggung jawab.
Tim juga mensosialisasikan program kepada Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian (KP2)Kota Batam yang dikepalai oleh Ir. Abang Musni. Tim diterima oleh Staf Dinas KP2 Kota Batam, Adnan. Tim menjelaskan rencana program transplantasi karang dan menawarkan kerjasama dalam upaya penyelamatan terumbu karang di Kota Batam khususnya di Kelurahan Pulau Abang melalui kegiatan transplantasi karang. Selain sosialisasi program tim juga meminta dukungan kerjasama dalam hal kegiatan di lapangan seperti penggunaan alat selam, catamaran dan kerjasama antar program. Dinas KP2 mendukung pelaksanaan program ini di lapangan dan berharap adanya input berharga baik bagi masyarakat maupun dinas KP2. Menurutnya Laksana Samudera selaku pelaksana kegiatan ini telah dikenal oleh Dinas KP2 dan telah banyak melakukan kerjasama dalam pelaksanaan program-program pesisir dan laut.

Tidak ada komentar: