PRESERVE OUR CORALS Program Transplantasi Karang- WELCOME TO CORALS TRANSPLANTATION SITE "Lestarikan Terumbu Karang - SUPPORT OUR CORALS " BAHARU MINDA BAHARI

Kamis, 21 Februari 2008

Pelatihan Kewirausahaan dan Pengorganisasian Bisnis

Pulau Abang, Desember 2007

Asistensi Administrasi dan Keuangan- Tim mengidentifikasi kelompok-kelompok usaha yang terdapat di Pulau Abang. Kelompok usaha tersebut terdiri atas kelompok Laki-laki dan kelompok perempuan. Jumlah kelompok laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan kelompok perempuan. Padahal potensi ibu-ibu untuk berkelompok cukup besar.
Identifikasi kelompok tersebut bertujuan untuk mengetahui potensi masyarakat dalam berkelompok. Identifikasi inilah yang nantinya akan digunakan sebagai analisa bagi perencanaan bisnis ke depan. Kelompok-kelompok tersebut nantinya akan dibina melalui program transplantasi karang. Namun, Tidak semua kelompok berhasil dijumpai.
Selain mengidentifikasi kelompok ada perkembangan baru beberapa pemuda ingin mendirikan kelompok. Selama ini, peran pemuda di mata masyarakat Pulau Abang amat kecil. Rencana pembentukan kelompok pemuda ini difasilitasi oleh tim.
Identifikasi awal berhasil menemui 4 kelompok, yaitu dua kelompok pemuda dan dua kelompok ibu-ibu. Satu Kelompok pemuda membuat usaha kerajinan yaitu kelompok Ranga. Kelompok ibu membuat usaha makanan yaitu kerupuk dan telur asin yaitu kelompok bunga tanjung dan mawar merah. Kelompok ranga tidak memproduksi kerajinan lagi padahal dukungan permodalan dan alat dari Coremap II Kota Batam telah diturunkan. Kelompok bunga tanjung dan mawar merah beralih usaha dari membuat kerupuk menjadi pembuat telor asin.
Hasil identifikasi Kelompok-kelompok yang telah terbentuk menunjukkan bahwa anggota kelompok kurang memahami tentang berorganisasi. Kemampuan administrasi dan keuangan masih rendah. Sayangnya, untuk penggalian kemampuan manajemen keuangan dan pembukuan mereka terkesan menutup-nutupi. Tim menawarkan kepada kelompok untuk mengadakan pelatihan administrasi dan keuangan. Nantinya, tim bersama kelompok akan membuat kesepakatan atau kontrak belajar. Sehingga, kelompok tersebut dapat memperbaiki kapasitas mereka dalam berorganisasi.

Air Saga, Desember 2007
Kelompok-kelompok usaha masyarakat di Air Saga jumlahnya 7 kelompok usaha. Semuanya kelompok laki-laki. Jenis usaha yang mereka lakukan antara lain keramba tancap dan keramba apung. Tidak semua kelompok menjalankan usahanya. Kelompok yang tidak menjalankan usahanya karena kekurangan permodalan. Sedangkan kelompok yang menjalankan usaha mendapat bantuan permodalan sebanyak empat kelompok. Bantuan permodalan tersebut ada yang berasal dari Dinas KP2 dan melalui Coremap II Kota Batam.
Empat Kelompok yang menjalankan usaha telah memanen hasil usahanya yaitu keramba apung dan keramba tancap. Namun, sampai setakat ini belum ada keberlanjutan terhadap usaha ini.
Seperti di Pulau Abang Kelompok-kelompok di Air Saga kurang memahami organisasi, kemampuan administrasi dan keuangan yang rendah. Untuk kelompok pengawas terumbu karang juga memiliki masalah yang sama.


Administration process and financial advisory -We have an identification for small medium enterprises (SME) in Abang island and Air Saga village. There are men and women SME. The men's are much from the women. Even the womens also have chance to grow up.
The SME identifications purposes are usefull for their motivation level on a groups. This is steps by steps on alternative generates incomes. They will assist by coral transplantion program.
We can not meet all the SME at aAbang island and Air saga.
There are also a youths from this village. They want to make a groups of SME. They plan to make souvenirs and handycraft.
Along this month we can meet four groups SME. They discuss with our team. They had changed their programs. They made fishes crispy first then they change their product to salt eggs. It is likely from the childrens.
The results shows us that the groups have disunderstanding. They have low knowledge of administration and financial. On an identification they react to covers their problem about financial. We explains this are for their better management. We offer the administration and financial training. This will increase their capacity on SME groups. We have same problems in Air Saga village.

Tidak ada komentar: