PRESERVE OUR CORALS Program Transplantasi Karang- WELCOME TO CORALS TRANSPLANTATION SITE "Lestarikan Terumbu Karang - SUPPORT OUR CORALS " BAHARU MINDA BAHARI

Jumat, 22 Agustus 2008

Pelestarian Terumbu Karang dan Wisata Pendidikan

Pengembangan Usaha Jasa Wisata
Pulau Abang, 2008
Saat ini tim telah mendorong terbentuknya unit usaha jasa wisata atas prakarsa program transplantasi karang. Tim telah dibina dengan pelatihan langsung menjadi pemandu wisata melalui beberapa kegiatan, diantaranya pelatihan outbound dan pemandu wisata untuk membangun kekompakan tim, dll.
Unit usaha jasa wisata ini adalah organisasi dengan anggota perwakilan pemuda Kelurahan pulau abang dibawah naungan LPSTK (Lembaga Pengelola Sumberdaya Terumbu Karang). Unit ini tinggal menunggu legalisasi dari LPSTK dan Kelurahan.
Unit ini terdiri atas koordinator-koordinator sesuai dengan kebutuhan kegiatan ekowisata yang akan dijalankan. Bersama tim unit ini telah berhasil merumuskan beberapa paket kegiatan yang utamanya adalah paket transplantasi karang, dll. Paket-paket kegiatan ini disesuaikan dengan kondisi alam sekitar dengan sifat kegiatan wisata edukasi dan ekowisata.
LPSTK adalah organisasi hasil bentukan Laksana Samudera melalui program Coremap II Batam yang perannya adalah melakukan pengelolaan atas sumberdaya terumbu karang dan menaungi kelompok konservasi dan mata pencaharian alternative.
Peran serta Kelompok Penanam Karang
Unit usaha jasa wisata ini sebelumnya merupakan Kelompok penanam karang dari Kelurahan Pulau Abang. Dalam perkembangannya kelompok ini banyak berperan dalam kegiatan pembangunan di Kelurahan Pulau Abang. Beberapa anggota direkrut oleh organisasi yang lebih besar seperti LPSTK dengan posisi sekretaris,dll.
Selain itu dengan keaktifan Kelompok penanam karang telah mendorong keaktifan karang taruna yang telah lama vakum. Sehingga kelompok ini mendorong pemuda lebih banyak
untuk membenahi kampung melalui karang taruna.
Kelompok penanam karang yang akhirnya melebur menjadi unit usaha jasa wisata juga mendapat kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan artificial di Pulau ABang dari Badan perencana Kota Batam (Bappeko - CRITC).
Praktek Langsung Pengelolaan Jasa Wisata
Untuk kegiatan wisata telah dilakukan beberapa simulasi langsung dengan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Abang dimana kelompok juga berkesempatan memperkenalkan kegiatan transplantasi karang, yaitu dengan wisatawan malaysia, Singapura dan lokal. Beberapa simulasi penanganan kegiatan wisata ini telah memberikan pengalaman langsung bagi Unit usaha jasa wisata. Unit usaha jasa wisata telah dapat merencanakan dan mengelola kegiatan wisata.
Keberadaan program mendapat dukungan dari tokoh masyarakat, Kelurahan serta masyarakat (baik laki-laki maupun perempuan).
Next Plan - Promosi pariwisata melalui even-even kegiatan seperti HUT RI 63 dengan mengadakan Dwilomba Juang (Lari Marathon Air Saga- Pulau Abang, Renang Pulau Abang-Pulau Hantu serta mengambil bendera merah putih) kegiatan ini khusus untuk kelurahan Pulau ABang sebagai sarana belajar bagi unit usaha jasa wisata dalam mengelola even.

Tidak ada komentar: